SERUNYA TRAVELING KE TELUK KILUAN


Serunya Traveling ke Teluk Kiluan - eloratour
Serunya Mandi di Laguna Gayau Teluk Kiluan



Buat yang hobi traveling, nama Teluk Kiluan tentu sudah tak asing lagi.  Teluk Kiluan secara administrasi masuk ke wilayah Kabupaten Tanggamus ini terkenal di kalangan traveler karena merupakan habitat lumba-lumba terbesar di Indonesia. Tapi Teluk Kiluan bukan cuma punya Tour Lumba-lumba, masih ada keseruan lain yang bisa dinikmati kalau kita Tour ke Teluk Kiluan.  Yuk kita bedah satu per satu  Serunya Traveling ke Teluk Kiluan.

MENIKMATI SERUNYA TRAVELING KE TELUK KILUAN


Serunya Tour Lumba-lumba Teluk Kiluan


Serunya Tour Lumba-lumba Teluk Kiluan eloratour
  Tour Lumba-lumba Teluk Kiluan yang seru abis

Hampir setiap akhir pekan, pagi-pagi mulai pukul 06.00 puluhan perahu jukung tampak saling susul menyusul meninggalkan pantai menuju habitat lumba-lumba.  Sekitar 30 menit perahu berayun memecah ombak, tibalah saatnya para wisatawan menyaksikan puluhan, bahkan mungkin ratusan ekor lumba-lumba berenang, melompat sambil meliuk-liuk diudara, menampilkan atraksi Tour Lumba-lumba yang "Waaooww".

Di Teluk Kiluan terdapat 2 jenis lumba-lumba, lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris) .  Lumba-lumba hidung botol berbadan lebih besar, berwarna abu-abu, dan pemalu, sedangkan lumba-lumba paruh panjang bertubuh lebih kecil dan senang melompat.


Serunya Wisata Pulau di Pulau Kelapa, Teluk Kiluan


Serunya Wisata Pulau di Pulau Kelapa Teluk Kiluan eloratour

 Panorama Pulau Kelapa yang Instagramabel

Tapi keseruan Tour ke Teluk Kiluan bukan cuma melihat atraksi lumba-lumba.  Masih ada tempat lain yang tak kalah cantik, yakni Pulau Kelapa.  Pulau kecil dengan luas sekitar 5 ha itu hanya sejarak 10 menit berperahu dari Pantai Kiluan.  Pulau Kelapa memiliki karakter pasir yang berwarna putih kekuningan, lembut.  Ada 3 lokasi foto yang instagramabel di Pulau Kelapa.  Pertama di sisi dengan pasir pantai yang lembut.  

Spot kedua di gundukan batu yang menghadap pantai.  Ketiga di sisi menghadap Samudera Hindia, di situ terdapat beberapa batang pohon bercabang yang meranggas, menampilkan panorama kontras dengan pepohonan disekitarnya, dan panorama pantai di belakangnya.


Serunya Hiking Laguna Gayau, Teluk Kiluan


Serunya Hiking ke Laguna Gayau Teluk Kiluan eloratour
 Hiking ke Laguna Gayau melewati medan berbatu

Keseruan lain Tour ke Teluk Kiluan adalah hiking ke Laguna Gayau.  Lokasinya juga tak jauh dari pantai, hanya sekitar 45 menit.  Rutenya lumayan menantang.  Diawali dengan hiking menaiki bukit yang di kanan-kiri nya adalah kebun warga yang didominasi tanaman kakao dan pisang.  Setelah sampai atas bukit, kita sudah bisa mendengar debur ombak di pantai bagian bawah bukit yang akan kita tuju.

Dari pantai kita lanjutkan ke laguna dengan medan berbatu, lumayan terjal dan licin.  Beberapa lokasi yang sulit sudah diberi tangga kayu darurat, namun seringkali hilang disapu ombak yang menghantam keras.  Setelah sekitar menit berjalan dari pantai, sampailah kita ke Laguna Gayau.  Di kolam alami air laut berukuran sekitar 3x 7 m itu kita bisa berenang, menyelam sampai kedalaman 2,5m, dan melihat sekelompok ikan-ikan kecil yang cukup cantik.


Serunya Tour ke Laguna Kiluan eloratour
 Semburan air dari lubang dekat Laguna Gayau

Sambil menikmati segarnya berenang di kolam renang alami Laguna Gayau, kita juga bisa menikmati semburan air dari lubang di dekat laguna.  Semburan airnya bisa mencapai lebih dari 4 m, jadi berbahaya jika didekati.  Lebih aman dinikmati dari jauh

Di Laguna Gayau kita juga bisa menjajal adrenalin dengan naik ke terbing karang di sisi laut, dan melompat ke laguna.  Sayangnya obyek wisata ini sedang ditutup oleh pengelola, sebab ombak sedang besar.


Serunya Hunting Sunset di Teluk Kiluan

 
Serunya Hunting Sunset di Teluk Kiluan eloratour
Foto hasil hunting sunset di Teluk Kiluan

Teluk Kiluan juga tempat yang seru buat hunting sunset.  Ada banyak titik yang bisa memberikan foto-foto cantik sunset di Teluk Kiluan, baik di Pantai, dan juga di Pulau Kelapa.


Serunya Barbeque Seafood di Pantai Teluk Kiluan


Serunya Barbeque Seafood di Teluk Kiluan eloratour
 Barbeque seru di Teluk Kiluan

Hal seru lain yang bisa kita nikmati di Teluk Kiluan adalah Barbeque Seafood di malam hari.  Kebayang nggak bakar-bakar ikan, cumi,  ditepi pantai, sambil menikmati suara ombak dan hembusan anginnya ?

Bermain gitar, sambil duduk mengelilingi api unggun, sambil bersenda gurau, diselingi kriuknya keripik pisang lampung, akan membuat malam terasa berlalu cepat. Nikmatnya segelas kopi robusta lampung hangat, bisa meredam gempuran angin pantaiu malam yang terkadang menusuk tulang.


Serunya Perjalanan Menuju Teluk Kiluan

Serunya Perjalanan menuju Teluk Kiluan eloratour
Serunya perjalanan ke Teluk Kiluan disuguhi pemandangan cantik di kanan-kiri 

Selain spot-spot wisata di Teluk Kiluan tadi,  hal lain yang tak kalah seru adalah pemandangan yang bisa kita nikmati sepanjang perjalanan.  Satu jam pertama kita akan berjumpa dengan kota Tanjung Karang dan Teluk Betung yang didominasi perkantoran, perumahan, pasar,dan pantai di sisi kiri jalan, serta bukit di sisi kanan jalan.

Selepas itu, kita akan banyak menemukan pemandangan berupa perbukitan, dengan jalan berkelak-kelok naik turun, diselingi sawah dan perkampungan.  Jalan yang sebagian besar aspalnya mengelupas, sedikit membuat tidak nyaman, namun itu semua akan terbayar oleh cantiknya pemandangan di sepanjang jalan, dan serunya spot-spot wisata yang ada di Teluk Kiluan.


Akhir kata, yuk Traveling ke Teluk Kiluan, Lampung, untuk nikmati Pesona Indonesia di ujung selatan Pulau Sumatera ini ...



Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/revolusisunyi/melihat-lumba-lumba-berselancar-di-teluk-kiluan_57f79c20927a61e62ea72a6c
Next
Previous