MENIKMATI PESONA PANTAI KUTA LOMBOK



pantai kuta lombok


Namanya memang sama dengan Pantai yang ada di Bali, yang sudah terlebih dahulu dikenal wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.  Walaupun baru dikenal belakangan, Pantai Kuta Lombok memiliki panorama yang lebih indah.  Hamparan pasirnya lebih bersih dan putih, membentang sepanjang 7,2 km.  Garis pantainya lebih bergelombang, dengan terumbu karang yang masih alami dan sehat.  


Disarankan untuk bergabung dengan paket tour, atau menyewa mobil atau motor, sebab angkutan umum di sana masih jarang dan hanya beroperasi sampai pukul 3 sore.  Jika kita terlambat, maka mau tak mau kita harus menginap, atau menyewa taksi yang harganya relatif mahal.






Pantai Kuta Lombok, terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.  Bersebelahan dengan lokasi wisata lain yang bernama Tanjung Aan.  Masih berada di garis pantai yang sama, sejarak sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta, juga terdapat Pantai lain sebagai tujuan wisata, yakni Pantai Seger

Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 70 Kilometer ke arah Tenggara, dengan waktu tempuh sekitar 90 Menit perjalanan.  Sebelum mencapai pantai ini, kita akan melewati Desa Sade. Desa ini adalah desa Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Di desa ini, masyarakat Suku Sasak juga membuat Kain Tenun Tradisional. Kita 'wajib' mampir ke sini, untuk melihat proses tradisional pembuatan kain tenun, dan supaya kita tahu bagaimana kehidupan masyarakat sasak di sana.

LOKASI TERBAIK MENIKMATI PANORAMA PANTAI KUTA LOMBOK

 



Bukit Mandalika adalah tempat yang paling strategis untuk menikmati pemandangan Pantai Kuta dari ketinggian. Dari puncak bukit, kita akan dapat menikmati pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah dengan air lautnya yang begitu bening.  Bahkan saking beningnya, kita bisa melihat gugusan terumbu karangnya. 

Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan Upacara Bau Nyale, menurut adat Sasak di desa tersebut. 

UPACARA BAU NYALE DI PANTAI KUTA LOMBOK


Di sisi barat Pantai Kuta Lombok, ada t sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika.
Nama ini diambil dari cerita legenda masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika.


Menurut legenda setempat, dahulu kala ada seorang putri yang sangat cantik bernama Putri Mandalika.  Karena kecantikannya, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, sehingga untuk menghindari kejaran dari seorang pangeran, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun.  Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.


MENIKMATI PANORAMA PANTAI KUTA LOMBOK YANG MEMPESONA

 


Setelah sampai di lokasi pantai, banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan, seperti:  snorkling, surfing, berenang dan bermain pasir, atau mancing sambil menanti sunset yang indah.  Namun untuk snorkeling dan surfing, Pantai Seger adalah tempat yang lebih tepat. 

Akomodasi di Pantai Kuta Lombok juga sudah cukup lengkap, di sekitar Pantai Kuta Lombok sudah banyak tersedia penginapan dan hotel.

Demikian Artikel tentang PESONA PANTAI KUTA LOMBOK



Next
Previous