MENDAKI KE PUNCAK BROMO


Kawah Gunung Bromo Kawah Gunung Bromo mengepulkan asap

PANORAMA GUNUNG BROMO DAN GUNUNG BATOK YANG MENAWAN


Jalur pendakian ke Puncak Bromo bersebelahan dengan Gunung Batok.  Hamparan padang pasir dihiasi rumput khas padang savana, dengan latar gunung Batok yang hijau menjulang di sisi Gunung Bromo, serta langit biru cerah dengan putih arakan awan, membuat mata kami tak bosan memandang.  Setelah puas menikmati pesona lembah Gunung Batok dan tentunya tak lupa menjepretkan kamera untuk memerangkap keindahan panoramanya, kami pun bergegas menuju parkiran jeep, batas akhir jeep diperkenankan masuk ke area Bromo.



BERKUDA MENUJU ANAK TANGGA GUNUNG BROMO


Setalah jeep kami parkir, kami langsung dirubung oleh para pemilik kuda.  Pucuk dicinta ulam tiba, sebab kami memang mencari kuda tunggangan yang disewakan.  Ketersediaan kuda tunggang, selain juga telah dibangunnya tangga untuk naik ke puncak Bromo cukup membantu mempermudah pendakian, sehingga membuat hampir semua orang bisa mendaki Bromo, gunung berapi yang cukup aktif ini.


ELORA TOUR & ADVENTURE
Negosiasi

ELORA TOUR & ADVENTURE
Foto dulu sebelum berangkat

Setelah tawar-menawar dan harga disepakati, mulailah perjalanan menuju tangga yang akan mengantar kami ke puncak gunung Bromo.  Sambil berkuda, kami menikmati pemandangan alam yang tak membuat bosan.

Di lautan pasir Bromo, terdapat Pura Suci, yang menjadi tempat bagi masyarakat tengger melakukan sembahyang, memuliakan Tuhan Yang Maha Esa.


 Melewati Pura Suci yang terletak di Kaldera Tengger

 
 Menuju Anak Tangga Bromo

Sekitar 15 menit berkuda, akhirnya kami sampai di kaki tangga menuju puncak Gunung Bromo.  Kami pun turun dari kuda, membayar biaya sewa kuda, dan mulai berjalan menapaki anak tangga.
 
ELORA TOUR & ADVENTURE
 Sampai di anak tangga pertama, perhatikan dan patuhi rambu peringatan yang ada.

Perjalanan mendaki anak tangga tidak terlalu berat, namun bisa membuat pegal dan tremor kaki yang jarang berolahraga.

 Sudah separuh jalan

Separuh jalan, ternyata cukup melelahkan.  Kami pun menepi di tangga perhentian yang disediakan untuk wisatawan yang kelelahan.  Spot yang pas, kesempatan untuk menjepretkan kamera.

Malu - malu

Setelah berjalan sekitar 20 menit, mendaki satu persatu anak tangga, sampailah kami di Puncak Bromo.  Saat kami mengedarkan pandang ke bawah, pemandangan yang disuguhkan dari atas, sungguh mempesona. 


ELORA TOUR & ADVENTURE
Akhirnya sampai Puncak Bromo juga

Tekan Bromo Rek ..

ELORA TOUR & ADVENTURE
Yes, We're at Bromo Mountain 


BROMO ADALAH GUNUNG SUCI BAGI MASYARAKAT TENGGER


Nama Bromo, konon diambil dari kata Brahma -  Dewa utama dalam agama Hindu.  Bromo merupakan gunung suci bagi masyarakat Tengger, sehingga setiap tahun, tepatnya di malam bulan purnama bulan ke sepuluh (kasodo) mereka mengadakan Upacara Kasada (Yadnya Kasada) yang dimulai dari Pura Suci di lembah Bromo, dan dilanjutkan ke Puncak Bromo. 


Tempat sesaji dan berdoa di depan kawah Gunung Bromo

 Mentari menyinari Puncak gunung Bromo

Mentari kian tinggi, waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 pagi, sudah saatnya kami bergegas ke Penginapan untuk packing dan sarapan, serta meneruskan perjalanan ke arah timur.


Mau MENDAKI KE PUNCAK BROMO ?!  contact kami

Next
Previous