WAY KANAN - LAMPUNG TIMUR



Gapura Taman Nasional I Way Kanan
Gapura Taman Nasional I Way Kanan, Lampung.  Sumber Balai TN. Way Kambas

TAMAN NASIONAL I WAY KANAN


Way Kanan yang dimaksud di sini bukanlah Way Kanan nama salah satu kabupaten di Provinsi Lampung.  Way Kanan yang dimaksud adalah bagian dari Taman Nasional Way Kambas, yang letaknya sekitar 13 km dari gerbang masuk Plang Ijo.  Untuk masuk ke sana cukup mudah, sebab jalan sebagian sudah beraspal, sehingga cukup dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4, sampailah kita.

Berdasarkan wilayah pemangkuan pengelolaan, Way Kanan termasuk ke dalam Wilayah Resort Pengelolaan Taman Nasional Way Kanan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional I Way Kanan.


WAY KANAN, UNTUK WISATA MINAT KHUSUS, PENDIDIKAN LAPANGAN DAN PENELITIAN


Disamping untuk kepentingan Wisata Minat Khusus, Way Kanan merupakan salah satu tujuan favorit Pendidikan Lapangan dan Penelitian.

Sepanjang jalan dari pintu gerbang Plang ijo menuju resort Way Kanan, pemandangan yang tersaji di kanan kiri jalan berupa hutan dataran rendah.  Jika beruntung, kita akan menjumpai penghuninya, seperti rusa, napu, ayam hutan, berbagai jenis kupu-kupu cantik, dan lainnya.

Sedangkan, di sekitar Way Kanan, kita akan dapat menikmati hutan rimba yang benar-benar masih alami, dengan sarana jalan setapak atau “jungle track” sepanjang 2.5 km.  Pada jalur jungle track itu, kita akan menjumpai sekumpulan pohon mahoni yang merupakan peninggalan HPH, berbagai jenis kupu-kupu berwarna-warni, burung, dan bunga anggrek hutan.  Pada jam tertentu kita juga dapat menikmati lengkingan suara siamang menembus keheningan rimba Way kanan.   Selain jungle track, kita dapat menikmati panorama tepi sungai dengan menyusurinya menggunakan perahu dayung maupun speedboat.


OBYEK WISATA DI WAY KANAN, TNWK.


Beberapa obyek di sekitar Way Kanan - Lampung Timur yang layak dikunjungi, antara lain :

·         Rawa Gajah, merupakan lokasi pengamatan burung.  Berjarak sekitar 5 menit waktu tempuh menggunakan speedboat, dan dilanjutkan dengan jalan kaki selama kurang lebih 15 menit, kita akan mencapai Rawa Gajah 1, 2, dan 3.

·         Ulung-ulung 1 dan 2, merupakan obyek wisata lain yang dapat ditempuh dengan jalan kaki selama sekitar 30 menit dari Rawa Gajah.

·         Kalibiru, terdiri dari 2 lokasi, yakni Pos Kali Biru, dan Rawa Kalibiru.  Pos Kali Biru berjarak sekitar 30 menit waktu tempuh menggunakan perahu, sehingga wisatawan dapat menikmati suasana sungai, sebelum mencapai lokasi pengamatan burung ini.  Sedangkan Rawa Kalibiru merupakan padang rumput luas, dimana sebagian permukaannya digenangi air, sehingga menyerupai danau.  Rawa Kalibiru dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 30 menit, dan di sana terdapat menara pantau untuk mengamati satwa liar, khususnya kawanan rusa sambar yang sedang mencari rumput di pinggiran rawa.

·         Kali Pasir, merupakan salah satu habitat hidup Siamang. 


FASILITAS YANG TERSEDIA DI WAY KANAN, TNWK.


Beberapa fasilitas yang tersedia untuk mendukung Wisatawan yang berkunjung ke Way Kanan :

·         Wisma Tamu atau Guess House,
·         Kantor Seksi,
·         Ruang Pertemuan Sederhana,
·         Dermaga,
·         Speedboat dan Perahu,
·         Alat Penerangan,
·         Alat pengamatan burung dan satwa,
·         Lapangan Parkir


Demikian artikel TAMAN NASIONAL I WAY KANAN - WAY KAMBAS, semoga bermanfaat.
 

Lanjut ke : Kuala Kambas


Next
Previous